4 Tips Dan Cara Simpel Merawat Motor "Tetap Prima"

4 Tips Dan Cara Simpel Merawat Motor "Tetap Prima", agar peforma sepeda motor kita tetap prima dan top cer saat dikendarai. dan 4 tips ini dapat kita  lakukan setiap hari dan tak perlu kita membawanya ke bengkel resmi(deler) maupun kebengkel-bengkel terdekat.

4 tips sederhana merawat sepeda motor sebagai berikut :

1. Langkah Awal :


Periksalah kelayakan baut/mur roda apakah terpasang sesuai dengan ketentuan (dimana baut/mur tersebut terpasang kencang) dan taklupa juga kelayakan Ban.

diamana roda adalah tumpuan untuk menompang kendaraan yang utama dan rantai juga perlu perhatian khusus untuk di periksa dengan kesesuaian ukurun kendur dan kencangnya.tak lupa juga periksalah signyal-signyal seperti lampu besar,lampu sen, lampu stop, dan indikator-indokator yang ada, dan periksa juga fungsi dari Rem depan maupun Rem belakang.setelah fungsi -fungsi diatas berfungsi dengan baik dan noramal, barulah kita lakukan langkah berikutnya.




2. Langkah Kedua : 


Pada saat sepeda motor akan di hidupkan diawal, biasanya di pagi hari setelah sepeda motor tersebut berhenti dari aktifitasnya, dan keadaan suhu atau temperatur dari mesin tersebut up normal atau belum normal(masih dingin), usaha kan di kickstart(diengkol_engkol) selama 5 kali tanpa mengontak (atau diengkol-engkol 5 kali dan konci kontak dalam  keadaan off). dengan tujuan agar oil mesin dapat terbagi dengan rata, pada ruang mesin speda motor tersebut.

stelah melakukan hal di atas tersebut baru kita hidupkan dengan menahan gas sesuai langsam atau di buat Rpm renadah, tanpa harus menarik gas penuh (trotle high) agar mesin mendapatkan suhu normal usahakan dalam pemanasan berikan waktu kurang lebih 5 menit dan tentunya oil mesin akan terbagi dan melumasi komponen-komponen mesin dengan sempurana.

3. Langkah Ketiga :


Setelah langkah awal dan langkah kedua dilakukan barulah kita lakukan langkah ke 3 yaitu dengan cara pembawaan atau pemakian dalam berkendara, dimana kita harus mengerti dalam tata cara pemakian yang benar dan tepat, dengan menerapakan aturan aturan standar dari sepda motor yang anda miliki.

Sederhananya, berkendara dengan menyesuaikan pemakian gigi, pemakaian dengan menyesuaikan beban atau bobot sesuai standart beban yang dapat dibawa oleh motor tersebut.

Setelah 3 tips sederhana tersebut diterapkan dalam keseharian, mudah-mudahan dalam cara perawatan sederhana tersebut dapat membantu atau menjadikan sepeda motor anda menjadi tetap prima dan top cer,.dan tak lupa juga langkah ke empat ini adalah langkah yang terhakhir dan pamungkas.

4. Langkah Keempat :

 Lakukanlah pergantian oil secara berkala, sesuai dengan pemakian yang ada. batas maksimal pergantian oil khususnya speda motor ialah 1500km yang ada perhitunganya pada spedometer motor kita atau yang ada dalam indikator pemakian jarak tempuk yang di lalui, dan masa toleransinya ialah 2000km.uun.

Mungkin itu saja tips sederhana merawat sepeda motor yang dapat diterapakan agar motor motor kita tetap prima dan topcer dan terutama ialah kenyamanan dan keselamatan kita-kita semua dalam berkendara, Ok. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

First
Comments
0 Comments