6 Cara Service (Perawatan) Karburator Motor Dengan Benar

SekilasOtomotif.Com - 6 Cara Service (Perawatan) Karburator Motor Dengan Benar  - Dalam kebutuhan sehari-hari, kita sangat memerlukan dan membutuhkan sepeda motor sebagai alat transport yang sangat fleksibel dan mudah untuk di kendarai. Inilah cara service sepeda motor yang sesuai dengan SOP (Standart Oprasional Prosedur) dan menentukan estimasinya yang dapat mengahasilkan kualitas yang baik.

Langkah Pertama : 


Sebelum terjun ke sisi mekanismenya, yang pertama dan sederhana sekali hal yang pertama kita lakukan ialah kita mengecek dari kelistrikan motor tersebut, dengan cara mengecek lampu-lampu seperti lampu besar depan belakang, sen kanan kiri, lampu indicator. 

Sistem Penerangan (Lampu)
Sistem Penerangan (Lampu)

Dan aki, apakah air aki tersebut berkurang dan mesti di tambah tak lupa juga mengecek tenganganya sesuai dengan ukuran dari aki tersebut dan bila aki kering anda hanya perlu mengecek tegangannya diseuaikan juga dengan ukuran dari aki, apakah semua ito berfungsi dengan baik, bila semuanya berfungsi dengan baik barulah kita lanjutkan ke langakah berikutnya.

Pengecekan Tegangan Aki
Pengecekan Tegangan Aki

Langkah Kedua :


Pada langkah kedua ini yang dilakukan ialah pengecekan rantai, apabila rantai kendur dan taksesuai dengan kelayakan maka segeralah di setting atau di setel sesuai dengan kekecengannya yang pas atau dengan porsi yang sedang tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur.

Cara Mengecek Rantai
Mengecek Rantai

Langkah Ketiga :


Di dalam langkah ketiga ini kita mulai membuka kafer-kafer body, seperti sayap,bordes dll, yang dapat memudahkan kita dalam merambah kebagian pernafasan (BOX FILTER) dan memudahkan kita dalam melakukan tahap-tahap exsekusi berikutnya, dimana pernafasan itu ialah suatu ruang atau filter udara yang semua kendaraan pasti memilikinya, seperti roda dua ini khususnya memiliki filter udara yang terdapat dalam box (BOX FILTER). Karna ini disebut filter/saringan pastilah sangat kotor dan harus di bersihkan dalam melakukan service, cara membersihkannya ialah cukup dengan menyemburkan angin kompresor atau dengan tekanan udara dari compressor.

Mengecek Filter Udara
Filter Udara

Langkah Keempat :


Setelah membersihkan filter udara sampai dengan bersih, pada langkah ke empat ini barulah kita membuka bagian karburator atau membersikahkan karburator, dengan cara melepas bagian pengikat karburator yang terdapat pada sylinder head bahasa pasarnya ialah (kepala babi). Setealah terlepas bersihkanlah sampai sebersih dan seseteril mungkin.

Membersihkan Karburator
Membersihkan Karbu

Langakah Kelima :


Langakah kelima ini ialah pengecek busi, yang akan memberikan indikasi boros,irit atau idealkah pembakaranya. Setelah busi terlapas jangan lupa kita membersihkannya juga denga sikat kawat atau ampelas.

Membersihkan Busi
Membersihkan Busi

Langkah Keenam :


Setelah semua langakah-langkah diatas terselesaikan barulah kita kelangkah pamungkas, yaitu tahap pengecekan global, seperti baut-baut dan mur pengikat yang telah kita buka atau pun yang terpeting agar semuanya terikat kencang dengan benar. Setelah selasai barulah kita mengecek kelayakan oli mesin apakah masih bagus atau mesti di ganti sebelum kita melakukan pengetesan mesin atau test drive.

Setelah itu baru kita coba tes mesin dan menyetel ulang karburator sesuai dengan idealnya yang dinginkan mesin sepeda motor yang anda miliki.setelah semua terselasaikan dalam penyetelan dan kita pasang kafer body dan di sesuaikan dengan tempat yang tealah di tempatkan. Dan test drive semoga sepeda motor anda tetap terjaga prima dan top cer. Ok Terimaksih semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments