Tips Merawat Motor Matic, Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

Tips Merawat Motor Matic, Agar Performa Mesin Tetap Terjaga - Pada saat ini  indonesia khususnya, pengguna motor matic mungkin sangatlah banyak sekali, baik itu perempuan mauapun laki-laki yang mengendarai motor tersebut. Dan termasuk saya sendiri pengguna motor matic yang tak asing lagi di di Indonesia yaitu Yamaha Xeon 125 CC, produksi tahun 2011. Motor matic ini memang butuh perwatan khusus, agar motor tetap joss dan prima.

Tips Merawat Motor Matic.


Untuk merawat motor matic atau scutik ini sebenernya sangat sederhana sekali, yang bisa kita terapakan di keseharian kita dan yang bisa kita mengerti dalam melukakan estimasnya pada saat kita hendak service :

1. Lakukan Pemanasan di Awal Mula Start, Sebelum kita Go :


Tips Merawat Motor Matic.
Pemanasan Mesin

Pemansan di tahap awal ialah, dimana pada saat motor kita berhenti lama atau di saat mesin beristihat lama, seperti di pagi hari. Setelah motor berhenti dari rutinitasnya. Ito berguna, agar oli terbagi lagi menjadi sempurna ke seluruh bagian mesin yang di lumasi oli, dan menaikan temperature mesin agas tetap stabil. Tahap pemansan dilakukan 5 s/d 10 menit.

2. Lakukan Pemakian Oli Mesin Matic Sesuai Yang       Dianjurkan Bengkel Resmi :


Oli mesin yang standart dapat memperpnajang umur pakai motor asalkan pergantian rutin di lakukan secara berkala, yaitu di setiap pemakian pada 1500 - 2000km.


Tips Merawat Motor Matic.
Oli Mesin & Oli Gear Box



3. Pergantian Oli Gear Box :


Oli Gear Box biasanya sering di anggap biasa atau remeh, sebenernya oli gear box pada motor matic sangatlah penting dan apabila di lakukan pergantian sesuai anjuran yang diterapkan bengkel resmi dapat terpenuhi, maka jangka panjang umur gear box akan lama.

4. Periksa Aki dan Kelistrikan Lainnya :


pemeriksaan aki pada motor matic khususnya sangat peting karena apabila aki pada motor tersebut tidak pernah di kroscek maka kita dalam menghidupkannya akan kesulitan karena motor matic tak bias kita kick start (engkol) dalam keadaan tidak di standart 2. Dan kelistrikan lainnya, seperti Lampu besar dan Lampu-Lampu indkator lainnya.

5. Lakukan Pemeriksaan Karbu dan CVT :


Tips Merawat Motor Matic.
Karbu SU (Vakum)

Untuk karburartor pada motor matic biasanya rawan bermasalah, karena pada motor matic berdeda dengan motor manual pada sisi karburatornya, matic menggunkan Karbu SU.  jadi di anjurkan apabila ada kendala atau troble barulah lakukan service, apa bila tidak ada kendala jangan terlalu sering dibongkar. 


Tips Merawat Motor Matic.
CVT 
Untuk CVT motor matic biasanya yang harus kita lakukan adalah kelayakan V-belt,Lorer,Primary Shift, Skundery Shift, Sentrifugal dan Greas bila motor anda terlumuas oleh Greas di bagian CVTnya.




Okey mungkin ini saja berbagi tips dalam merawat motor matic yang masih menggunkan karburator, semoga umur motor anda terpakai dalam jangka waktu yang panjang dan berssahabat trimaksih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments