Cara Merawat Dan Mengecek Part CVT Motor Matic

Cara Merawat Dan Mengecek Part CVT Motor Matic Sekarang ini pengguna motor matic khususnya di tanah air (Indonesia) mulai merajalela, bahkan hampir semua pemakainya tidak lagi hanya permpuan, cowok pun sekarang ini  marak menggunakannya. Dalam perawatan khususnya CVT motor matic sangatlah penting agar performa motor kita tetap terjaga dan tetap prima. Oke agan-agan disini kita akan membahas tentang tips-tips perawatan dan pengecekan CVT untuk mengetahui motor matic yang kita gunakan.

CVT ESSY
CVT ESSY

1. LANGKAH PERTAMA :


Pengecekan pada V-belt, pada motor matic khususnya v-belt sangat berperan penting sebagai penurus putaran mesin ke roda blakang, dan biasanya mengalami keausan karna umur pemakaian dalam jangka pajang, dan ada juga  jika sudah retak-retak lebih baik langsung ganti baru.

V-Belt
V-Belt

2. LANGKAH KEDUA : 


Setelah langkah pertama dalam pengecekan V-belt, kita dahulukan pengecekan pada bagian depan yaitu Primary, Primary disini ialah bagian yang berputar dan menuruskan putaran mesin pada V-belt. Didalam Primary ini terdapat Roller, S sheave, F sheave,. 3 komponen ini saling berhubungan dan berputar sehingga gesekan tidak dapat di hindarkan lagi dan pasti mengalami masa keausan pada komponen –komponen yang ada didalam Primary tersebut.

Primary Motor Matic
Primay  Essy

3. LANGAKAH KETIGA :


Langkah ke tiga yaitu pengecekan pada Secondry, secondry disini ialah penurus putaran yang diterima dari V-belt oleh putaran Primary dan di teruskan ke poros roda. Dan didalam Secondery terdapat: fixed sheave, clutch carrier, F sheave, spring (pegas). Dan 5 komponen ini saling berhubungan dan berputar sehingga gesekan tidak dapat di hindarkan lagi dan pasti mengalami masa keausan pada komponen –komponen yang ada pada Secondry tersebut,. Kecuali pada Spring (pegas) biasanya megalami low pressure (lemah tekanan), yang artinya sudah kendur daya lontarnya.


SCONDERY MOTOR MATIC
Secondery Essy

4.    LANGKAH KEEMPAT :


Dalam langkah keempat ini ialah menentukan semua komponen yang akan kita ganti secara keseluruhan, dimana komponen yang sudah tidak layak pakai maupun mengalmi keausan ito sebenernya sudah harus diganti dan disesuaikan juga dengan pemakain dari Skutic yang Agan-agan milki. Selain ito juga jika komponen-komponen yang ada di dalam CVT secara keseluruhan mengalami keausan segeralah lakukan pergantian dan jangan melihat umur karna motor masih baru ataupun motor masih bias berjalan, akan teteapi kita melihat dan harus meyadri dari segi performa, sehingga permorma tetap terjaga dan saling berkaitan dengan jangka panjang untuk pemakian motor Skutik khususnya yang Agan-agan miliki.

Inilah 4 tips dalam melakukan perwatan dan pengecekan part CVT Skutik yang Agan-agan miliki semoga dengan 4 tips ini motor Skutik Agan tetap terjaga peformanya dan semoga artikel ini bermanfaat, trimaksih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments