Cara Service dan Merawat CVT Honda Vario 125 PGM-FI Yang Baik & Benar

Hallo Brosis pada kesempatan ini kita mengulas tentang Cara Service dan Merwat CVT Honda Vario 125 PGM-FI  Yang Baik & Benar . Melihat skutic di tanah air kita yaitu Indonesia ini bukanlah hal baru lagi, bahkan sekarang para penggunanya , bukan hanya Wanita saja loch, namun para Lelaki pun banyak yang menggemarinya dari berbagia jenis dan merk Skutic (Motor Matic) ini.

Yang di maksud dengan CVT  ialah  Continous Variable Transmission yaitu suatu sistem yang tidak lagi menggunakan roda-roda gigi untuk melakukan pengaturan rasio transmisi melainkan menggunakan sabuk ( V-belt ) dan pully variable untuk memperoleh perbandingan gigi yang bervariasi. Maka dari itu perlunya pengecekan khusus dalam merwatnya.

Honda Vario 125 PGM-FI
Honda : Vario 125 PGM-FI

Ok brosis kita akan mengulas dengan lengkap cara service dan merwat CVT, khususnya pada motor Vario 125 PGM-FI  keluaran pabrikan Honda ini :

CVT Honda Vario 125
CVT : Honda Vario 125

1. Langkah Pertama :


Dalam langkah pertama yang harus kita lakukan ialah membuka tutup cover CVT tersebut, setelah tutup cover CVT terbuka langsung kita lakukan pembongkar pada bagian-bagian dari isi konstruksi CVT tersbut yaitu seperti : Pulley Primery dan Pulley Skundery

CVT
CVT : Honda Vario 125

Catatan : Ada juga V-belt yaitu sebagai penerus gerakan Pulley Primer ke Pulley Skunder, dan bila Pulley Primer dan Pulley Skunder terbongkar (terlepas), maka V-belt pun akan terlepas karna V-belt terhimpit /terjepit Pulley Primer & Pulley Skunder tersebut.

V-Belt Vario 125
V-Belt : Vario 125 PGM-FI

2. Langkah Kedua :


Melakukan pengecekan Pulley Primery yang sudah terlepas tadi, lihatlah isinya, dan cek kelayakan:
  • Fixed Sheave : cek kelayakan dari Fixed Sheave ini karena sering mengalami aus pada lempengan   yang menekan V-Belt.
  • Sliding Sheave : cek juga kelayakan dan apa bila kotor bersihkan dengan Alkohol.
  • Loler  Weight   : Yang sering terjadi pada loler ialah ke-ausannya saja.

Pulley Primery
Pulley Primery : Sliding Sheave, Loler  Weight
CVT
Pulley Primery  : Fixed Sheave

3. Langkah KeTiga :


Langkah ketiga yaitu langkah pengecekan Pulley Skunder y yang terlepas tadi, dan tentunya melakukan pengecekan yang ada pada bagian-bagian dari Pulley Skundery tersebut :
  • Fixed Sheave  :  cek kelayakan dari Fixed Sheave ini karena sering mengalami aus pada lempengan piringannya yang menekan V-Belt dan poros as-nya juga.
  • Sliding Sheave : cek juga kelayakan dari sisi dalam dan luar, cek juga Greas/gemuk karna terdapat ruang yang menyimpan Greas/gemuk yang melumasi poros as dari Fixed Sheave.
  • Clutch dan Clutch  Housing : Cek juga kelayakan dari Clutch dan Clutch Housing, biasanya yang sering terjadi hanya kotor, dan apabila aus lakukanlah pergantian.

CVT
Pulley Skundery : Fixed Sheave, Sliding Sheave , Clutch dan Clutch  Housing

Ok Brosis sekian informasi tentang Cara Service dan Merwat CVT Honda Vario 125 PGM-FI , semoga bermanfaat untuk kita semua, Trimaksih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments