Cara Tepat Mengatasi Motor Yang Susah Hidup

Cara Tepat Mengatasi Motor Yang Susah Hidup  - Untuk mengatasi motor yang susah hidup dipagi hari atau pada saat keadaan motor normal dalam pemakianl, motor dalam keadaan normal dalam pemakian disisni bisa kita contohkan dengan hal-hal yang sering kita jumpai yaitu baru saja motor di pakai sebentar dan dimatikan eeh ternyatanya susah lagi pada saat akan di hidupkan kembali.

Oke Agan-agan semua langsung saja disini akan kita ulas dan berbagi tips untuk mengatasi motor yang susah hidup :

Ada 3 (tiga) faktor yang memicu dan syarat agar motor bisa top cerr saat di hidupkan baik dalam keadaan di pagi hari maupun dalam keadaan suhu motor sudah normal yaitu : Bahan Bakar, Pengapian, Kompresi.

1. Bahan bakar


Bahan bakar disini ialah bukan hanya kualitis bensin (bahan bakar) saja yang harus baik, akan tetapi cek kelancaran saluran aliran bensin yang menyupllay ke karbulator dan juga lakukan pengecekan saringan yang ada pada tengki atau selang bensin.
bila semua sudah ok, barulah ke bagian karbulator  dengan mengecek kotor atau tidaknya karbulator dan sesuaikan penyetelan udara pada karbulator tersebut, agar campuran bahan bakar (bensin) dan udara takaranya pass dan ideal, sehingga menghasilkan pembakaran yang efisien.

Sistem Bahan Bakar Motor
Gamabar. Sistem Kerja Bahan Bakar (Bensin) Motor

 2. Pengapian


Pengapian yang baik ialah sayarat kedua agar motor tetap top cerr, untuk memenuhi syarat pengapian yang baik biasanya hal sederhana yang sering kita jumpai adalah Busi, periksa kelayakan Busi apabila tidak layak pakai, lakukanlah pergantian dan tak lupa juga dengan melakukan pemeriksaan kabel-kabel khususnya kabel pengapian, dan alat-alat yang memicu pengapian motor yaitu ; KOIL,CDI,SPUL. 3 komponen ini juga termasuk didalam peran pengapain maka dari itu perlu perhatian khusus.


Part pengapian
Gambar. Coil,CDI,Busi

3. Kompresi


Kompresi ialah syarat terakhir, untuk menerawang apakah kompresi ito normal atau tidak normalnya ialah  tidak dapat kita lihat dengan kasap mata, namun dapat kita rasakan dengan melakukan  test engkkol motor tersebut apabila pada saat di engkkol tendangan dari engkol tidak padat atau ngempos, sudah di pastikan kompresi motor tersebut sudahlah kendur atau lemah, penyebab dari kompresi itu kendur (lemah), ialah :
Valve Bocor (Klep Boor), Ring Piston Aus, sela piston terlalu renggang dengan dianding cylinder blok, Cylinder Blok Aus. Untuk Valve(Klep) ada 2 alternatif yaitu cukup dengan di Skirr atau lakukan pergantian jika bibir Valve(klep) Aus. Dan untuk  Ring Piston mesti di ganti karna tidak ada alternatif lain, begitu pula dengan Piston dan cylinder blok, mesti dilakukan Lemer,corner atau istilah lian yang jelas di Oversaize.

Untuk 3 Itme diatas adalah syarat untuk memenuhi agar motor tetap top cerrr saat  akan di hidupkan, tentunya denga bahan bakar yang baik, pengapian yang baik, dan kompresi yang baik sehingga motor Agan-agan semua tetap top cerrr saat akan di hidupkan, dan tetap aman sehingga Agan-agan semua tidak was-was lagi pada saat  menghidupkan motor di pagi hari dan saat-saat berpergian. Semoga tips dan ulasan di atas bermanfaat, Amiin. Trimaksi .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments