Tips Jitu Mengatasi Kendala Karburator All Tipe Vakum (SU), Motor : Satria FU,Beat,Mio,Spin,Scorpio,

Tips Jitu Mengatasi Kendala Karburator All Tipe Vakum (SU), Motor : Satria FU,Beat,Mio,Spin,Scorpio, - Karburator motor Tipe Vakum (SU), pada dasarnya ialah menggantikan atau pengganti dari karburator tipe skeep konvensional yang bertujaun untuk menghemat bahan bakar atau menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi irit, dan ke utungnya Karburator vakum bisa menyesuaikan suplly bahan bakar dan udara dengan kebutuhan kinerja mesin.

Karbu Vakum (SU)

Ok Gan, mungkin sebagian dari Agan-agan semua sudah mengenali karbu motor dengan Tipe Vakum (SU) ini, tetapi bagaimana cara mengatasi kendala yang sering terjadi seperti :
Mesin motor mati bila gas kecil ( langsam tak normal ) dan tenaga berkurang, biasanya sering terjadi seperti ini dan penyakitnya tidak salah lagi pasti ada pada skep, sangatlah sensitive sekali apa bila Skep bermasalah, seperti karet vakum bocor, karet vakum sudah melar, batang skep baret, per skep lemah dan jarum skep-aus, biasanya karna termakan umur. :

Karet Vakum Bocor :


Karbu Vakum
Karbu Vakum
Kare VAKUM
Skep dan Karet Vakum
Karet Vakum

Untuk karet vakum bocor dan robek ini merupakan inti dari Mesin motor mati bila gas kecil atau langsam tak normal  dan tenaga berkurang/ngemposs, dan perlu diketahui hal yang harus di lakukan ialah menggantinya dengan yang baru, karna walaupun bocornya kecil dan dilakukan pengeleman ini tak akan bertahan lama, jadi solusi yang tepat ialah diganti, karna untuk Skep dan karet Vakum sekarang ini mudah di dapat baik asli atau yang biasa.

Karet Vakum Melar :



Karet Vakum
Karet Vakum
Karet Vakum
Karet Vakum


Karet vakum yang melar biasanya disebabkan karna faktor umur juga dan ini mengakibatkan kinerja vakum tak optimal dan bisa membuat motor lambat respon. Solusi tepatnya ialah di ganti pemirsa.

Bantang Skep Baret :


Bantang Skep Baret karna kotoran yang mengganjal, ini menyebabkan lambat respon dan Gas tak stabil, Gas yang kita inginkan terkadang juga tidak sesuai dengan tarikan Gas yang di harapkan, dan performa motor lambat dalam respon.


Batang Skep
Batang Skep Baret


Batang Skep


Untuk solusi bila batang skep mengalami baret dan penuh dengan kotoran (kerak) ialah, cukup dengan kita oleskan semacam Jell konvon/Kit yang biasanya untuk membersihkan dan meratakan kembali permukaan, sehingga menjadi halus, dengan ketentuan hanya sekedar baretnya sedikit, seperti gambar di atas. akan tetapi bila baret atau ausnya terlalu dalam lakukanlah pergantian pada batang skep tersebut, agar cara kerjanya kembali optimal.


Per-Skep Lemah :


Untuk Per Skep yang sudah lemah disaat bekerja dan sudah jelas akan melambatakan naik turunnya Skep, penyebab Per Skep lemah ialah itu hal yang lumrah karna faktor usia, dan solusinya ialah lakukan pergantian saja pada Per Skep tersebut.


Per_Skep

Jarum Skep Baret dan Aus :


Jarum Skep Baret dan Aus, ini dapat menyebabkan motor susah langsam dan kinerja karbu tidak optimal,  dan tentunya untuk pencampuran bahan bakarnya tidak efisien. Untuk jarum Skep sendiri, bila mengalami Baret atau batang jarumnya Aus karna faktor usia lakukan pergantian pada jarum Skep, hanya inilah tindakan dan solusi yang bisa membuat kinerjanya optimal kembal


Jarum Skep
Jarum Skep


Catatan :  Sebenarnya untuk karbu tipe Vakum (SU), untuk werawatnya sebenarnya sangat sederhana sekali, tidak perlu terlalu sering melakukan pembongkaran karburator apa bila tidak ada masalah, karna apa bila melakukan pembongkaran Karbu tiap Service, bisa menyebabkan hal-hal seprti diatas, yaitu karet Vakum melar karna sering bongkar pasang, belum lagi bila terkena bensin karet vakumnya bisa menyebabkan karet melar sehingga karet tipis dan terjadi kebocoran pada karet vakumnya. Lakukanlah pengetapan atau kuras saja tidak usah lakukan pembongkaran bila tidak ada masalah, karena karbu tipe Vakum (SU) sangat sensitif sekali loch Mas Bro. Ok Bro sekian dulu ya, dan  terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments