Cara Ampuh Mengatasi Suara Berdecit, Bergetar, dan Putaran Selip, Pada CVT Motor All Yamaha Mio

Helo Bro n Sis, sering mengeluhkan dan di buat bingung dengan suara berdecit, bergetar, putaran CVT selip (spin), yang sering terjadi pada motor matic All Yamaha mio yang Brosis miliki, perlu di ketahui loch Bro n Sis, sebenarnya ada penyebab tersendiri pada komponen-komponen yang ada di dalam CVT.

Nah disini Sekilas Otomotif  : akan mengupas tuntas penyebab suara berdecit, bergetar, putaran selip, dengan - Cara Ampuh Mengatasi Suara Berdecit, Bergetar, dan Putaran Selip, Pada CVT Motor All Yamaha Mio  sbb:

Mengatasi Suara Berdecit Pada CVT All Yamaha Mio


Untuk mengatasi suara berdecit pada CVT ini, sebenarnya tidaklah sulit loch Brosis, cukup buka bagian CVT dan didalam terdapat Secondery, dan tempatnya terletak di bagian paling belakang. Di dalam Secondery terdapat beberapa komponen. 

Namun komponen yang menyebabkan suara berdecit ialah Cluth Housing (Mangkok Kopling), dan di bagaian Cluth Housing ini terdapat lem unutk merekatkan Cessing dan Cluth Housing tersebut. Mengurangya daya rekat Lem dapat menyebabkan suara decit, untuk menghindari suara berdecit, mengatasinya ialah cukup kita lumasi kembali Lem Alteco atau Lem Epotec.

CVT Yamaha Mio
CVT Yamaha Mio

Cluth Housing Yamaha Mio
Cluth Housing Yamaha Mio
Catatan : Gambar Cluth Housing Yamaha Mio diatas menerangkan bahwa pada bagian sisi-sisi antara Cessing dan Cluth Housing Yamaha Mio di rekatkan oleh Lem Besi. Maka dari itu tambahkan Lem Besi baru suapaya daya rekatnya kuat kembali, agar suara berdecit hilang.

Mengatsi Getaran atau Gegar pada CVT


Mengatasi getaran atau gegar pada CVT mio, penyakit seperti ini yang perlu di perhatikan ialah tingkat ke-Ausan pada Loler, dan kotoran atau debu yang terdapat di Cluth Housingnya, akibat gesekan antara kanvas koplinga maka menghasilkan gegar pada saat motor berjalan santai atau mengadat-ngadat CVT-nya.

Mengatasinya ialah cukup gantikan loler yang mengalami ke-Ausan, tetapi lebih baik ganti satu seet atau ganti semuanya, dan loler yang terdapat pada CVT Yamaha terdapat 6 Buah.

Rumah Loler CVT
Rumah Loler CVT

 Loler CVT
Loler CVT

Sementara untuk sisa debu yang di hasilkan oleh gesekan antara Cluth Housing dan Kanvas Kopling, mengatasinya cukup dengan mebersihkannya dengan Alkohol di bagian dalam Cluth Housing.

Cluth Housing
Cluth Housing

Yang Terakhir ialah Mengatasi Putaran Selip pada CVT 

Untuk putaran yang sering Selip pada CVT All Yamaha Mio, ialah tak jauh-jauh lagi penyebabnya ialah V-belt licin pada permuakaannya, atau bisa juga Cluth Housing mengandung kotoran (debu) yang lembab dan melekat di bagian sisi dalam, ini inti dari penyebab putaran selip, mengatasinya cukup dengan bersihkan.

 

melihat dua inti dari penyebabnya yaitu  Cluth Housing dan V-belt cara mengatasinya :

  • Untuk mengatsi Cluth Housing ialah cukup bersihkan permukaan bagian dalam yang kotor karna debu dan kotoran lembab yang menempel pada Cluth Housing.
  • Untuk mengatasi V-belt yang licin pada permukaanya hamplaslah secukupnya dan hati-hati jangan terlalu menekan, cukup hilangan kotoran yang menempel, pada bagian pinggir yang tergesek/tersliding.
V-belt Mio
V-belt : Sedang di bersihkan

Sekian dulu ya Bro n Sis, semoga bermanfaat untuk kita, terima kasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments