Cara Ampuh Menyetel Klep "Motor All Yamaha Jupiter Z" yang Baik dan Benar

Hello Bro n Sis, mengenai fungsi dari penyetelan Klep Motor dan bagaimana caranya menyetel Klep motor, jangan kuatir Brosis, Sekilas Otomotif akan mengupas tuntas Cara Ampuh Menyetel Klep "Motor All Yamaha Jupiter Z" yang Baik dan Benar .



jupiter Z
Jupiter Z

Dalam menyetel atau peyetelan Klep Motor, sebenernya sangatlah sederhana sekali, namun perlu diperhatikan beberapa teknik dan metodenya, selengkapnya sebagai berikut :

Catatan : Sebelum melakukukan penyetelan, perlu di "ingat" kadaan suhu mesin, mengapa perlu di perhatikan suhu mesin sebelum melakukan penyetelan,? karena untuk melakukan penyetelan suhu mesin mesti dalam keadaan dingin (agak anget) atau tidak panas, ini di lakukan agar mendapatkan hasil yang tepat dan maksimal dalam penyetelan.

Teknik dan Metode Penyetalan Klep :



1. Buka tutup Klep yang menempel pada Sylinder Head :


Buka Tutup Klep Motor
Tutup Klep

2. Buka tutup Murr Magnet yang menempel di bagian Bak Magnet :
3. Buka tutup Tanda Top yang menempel di Bak Magnet :


Bak Magnet Jupiter Z
Bak Magnet

4. Setelah semua tutup-tutup seperti langakah gamabar di atas langkah berikutnya yaitu, mencari Top, Mencari Top dan Menetralkan tekanan Klep :
 

Mencari Top
Mencari TOP



Catatan : Teknik dalam mencari Top ini harus hati-hati, karna walaupun tanda Top sudah Pass, terkadang itu bisa saja Over-Lap, cara memastikan Top yang benar yaitu :
  • Piston berda pada titik "Mati Atas" (TMA)
  • Pastikan juga kedua tanda di antara garis TOP Magnet dan garis Top Bak Magnet benar-benar pass dalam tanda TOP.
  • Goyangkan Paltuk Klep, apa bila bisa bergerak bebas keatas dan kebawah, ini sudah di pastikan posisi Platuk Klep sudah bisa di setel dan dalam keadaan TOP.

5. Yang terakhir ialah saatnya melakukan penyetelan, untuk ukuran penyetelan Klep All Yamaha Jupiter Z bila menggunkan Fuler ialah :
  • Klep Masuk (In)  : 0.06
  • Klep Buang  (Ex) : 0.07 


Setel Klep Dengan Fuler
Setel Klep Dengan Fuler


Dan fungsi dari penyetelan Klep pada Motor ialah untuk melakukan penyesuaian agar mesin tetap dalam putaran standart dan menjadikan motor tetap setabil, karena perputaran mesin yang sering dioprasikan perlu penyegaran, dan memberikan efek yang positif, sehingga mesin tetap prima dan joss, sekian dulu ya mas "Bro", terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga :




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments