Cara Jitu Merawat Motor All Kawasaki Ninja 250 Fi dan 250 Karburator, Agar Performa Tetap Terjaga Dengan Baik

Untuk merawat type motor sport seperti Ninja 250 keluaran Kawaski ini sebenarnya tidaklah rumit, namun banyak sekali yang berprasangka jika merawat motor sport itu sangat rumit, sebenarnya itu hanyalah momok untuk sebagian kalangan yang tidak mengerti, secara teknis dalam merawat Ninja 250 ini tidaklah rumit, bahkan hampir sama seperti motor-motor pada umumnya.

Ninja 250
Ninja 250 Fi dan Ninja 250 Karburator
Nah disini Sekilas Otomotif akan berbagi tentang Cara Jitu Merawat Motor All Kawasaki Ninja 250 Fi dan 250 Karburator, Agar Performa Tetap Terjaga Dengan Baik – sehingga umur pemakai tetap awet dan tetap terjaga peformanya, selengkapnya sebagai berikut :

Dalam perawatan motor sebenarnya semua type motor sama, namun untuk type motor Sport seperti Kawasaki Ninja 250 ini , harus Extra-full dan khusus dalam merawatnya. Berikut ini ialah beberapa poin yanga terdapat, dalam merawat all type Kawasaki Ninja 250 yang perlu di ketahui Sobat :

 

Poin pertama ialah pergantian Oli 

 

Lakukan  pergantian Oli mesin secara berkala, di setiap pemakian 1500 Km / 2000 Km. dan lakukan pemakian Oli yang di anjurkan bengkel resmi dari Kawasaki.

 

Poin kedua pemakian bahan bakar

 

Untuk motor Kawasaki Ninja sendiri, memiliki CC besar ( 250 CC ), gunakan selalu bahan bakar beroktan tinggi, seperti pertamax, agar pembakarannya lebih sempurna.

Poin ketiga perawatan khusus pada Karburator


Berikan perawatan khusus pada karbu, bila karburator mengalami troble segera lakukan pengecekan , karena karbu Ninja 250 ini jenis karbu VM dan memiliki double (2) karburator, serta jangan lupa juga bersihkan filter udara, karena filter udara ialah penyaring debu, tentunya banyak debu yang mengendap, lakukan poin ketiga ini secara berkal.

Poin keempat perawatan Injeksi


Dan untuk merawat type Ninja 250 Fi (injeksi), sebenarnya sama hal-nya seperti merawat karburator, disini memilki perbedaan, sudah jelas sekali untuk type injeksi ini, dalam melakukan pembersihan (cleaning) tidak bisa secara manual, tetapi jangan khawatir Bro-Sis, ada cara dalam melakukan pembersihanya yaitu dengan menggunakan alat Cleaning Injektor yang ada di bengkel resmi khusunya Kawasaki, lakukanlah Cleaning Injektor secara berkala, dan sesuai dengan ajuran bengkel resmi kawasaki, dan juga wajib dalam membersihkan filter udara.

Poin kelima perhatikan tegangan Aki (Accu)


Aki merupakan suplly arus listrik yang harus di perhatiakan, peran Aki sangatlah penting, karena produk Kawasaki Ninja 250 all type hanya menggukan Startter jika ingin menghidupkannya, karena untuk produk kawasaki ninja 250 all type ini, tidak ada yang menggukanakan Kick Start/Engkol, maka untuk perawatan Aki ini, merupakan poin penting sekali.

Poin keenam perawatan pada Radiator


Untuk pendinginan pada mesin yang terdapat pada Ninja 250 ini, ialah berpendingin Air, dengan sistem Radiator air yang di sirkulasikan untuk mendinginkan mesin, melihat dari CC yang besar sangat tak cukup optimal bila pendinginannya hanya menggukan udara saja. Dan perlu di ketahui, pada sistem Radiator juga perlu adanya perawatan, contohnya seperti pergantian Air Radiator secara berkala, atau mengecekan sistem pendinginan secara berkala.

Sampai disini dulu ya Sobat, tentang merawat motor Kawasaki Ninja 250 all type ini, dan semoga peforma Ninja 250 yang Sobat milki tetap terjga, so... terima kasih atas kunjunganya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments