Cara jitu Mengatasi Beberapa Macam Penyakit Suzuki Satria Fu 150

Suzuki Satria Fu 150 adalah motor berparas Underbone yang memiliki  spesifikasi mesin yang tangguh dikelasnya, namun disisi lain Suzuki Satria Fu juga banyak menyimpan problem atau permaslahan  yang sering terjadi, salah satu yakni masalah mesin motor yang terkadang susah untuk hidup, mesin brebet, suara mesin berisik dan berbagai permasalahan yang lainnya.

Suzuki Satri FU
Suzuki : Satri Fu 150

Sekilas Otomotif akan berbagi Cara jitu  Mengatasi BeberapaMacam Penyakit Suzuki Satria Fu 150 – dan secara detail mengulas  yang sering dirasakan oleh para Raider saat mengendarai  motor  Suzuki  Satri Fu 150 sebagai berikut :
  • Mesi Susah Hidup
  • Mesin Berebet di Putaran Rendah
  • Mesin Bersuara Nois (Berisik)

Mesin Susah Hidup :


Mesin susah hidup di saat start awal di pagi hari atau pun mesin susah hidup saat kondisi hujan dan setelah di cuci. Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya:

Biasanya yang sering terjadi saat mesin susah hidup di saat start awal trutama di pagi hari ialah karna setelan Karburator tak ideal, yang dimaksud dengan setealan karburator tak ideal ialah pencampuran udara dan bahan bakar tidak pas seperti  terlalu Irit atau bisa juga terlalu Boros. Mengatasinya cukup Rest ulang setelan Karburatornya dan stel dengan Ideal sehingga mendapatkan hasil yang pass.

Mesin susah hidup saat kondisi hujan dan setelah di cuci, Hal yang terjadi desabkan oleh Air yang masuk kedalam kabel busi sehingga kabel busi mengalami konslet  dengan massa pada mesin atau rangka akibat terhubung air. Mengatasinya cek seluruh kabel yang terkena Air, terutama kabel kelistrikan seperti kabel utama yang berhubungan dengan pengapian, kabel utama busi dan gap busi, karena bila posisi mesin vertical dan dekat roda depan itu sangat memudahkan air masuk ke gap/tutup busi dan juga cek lubang aliran pembuangan air  yang berda di bawah sambungan knalpot, biasanya sering tersumbat, bila tersumbat bersihkan agar aliran Air lancar.

Mesin Brebet di Putran Rendah :

 

Mesin brebet di putran rendah penyakit ini sering terjadi pada motor Suzuki satria F 150 dan mesin lama atau telat untuk merespon saat bukaan gas. Penyebab dan cara mengatasinya :

Hal mesin brebet, hal  ini biasanya disebabkan oleh sistem pengapian dan setingan pada karburatornya juga. Mengatasi sistem pengapian, kemungkinan besar  itu sering terjadi pada busi karna elektroda yang terdapat pada busi  sudah lemah, solusinya busi harus diganti.
Sedangkan mengatasi pada bagian karburator bisa setelan tidak pass, dan bisa jadi karet Vakum bermasalah, hal yang harus dilakukan pada karet vakum karbu ini mesti diganti dan Rest setingan karburatur  sampai mendaptakan hasil yang ideal.

Mesin Bersuara Nois (Berisik) :


Mesin motor bersuara berisik sebenarnya hal yang lumrah untuk motor ber-CC besar ini, namun beda halnya apa bila suara yang terdengar pada bagian-bagian tertentu, seperti pada  bagian head dan pada bagian blok sebelah kiri. Penyebab dan cara mengatasinya :

Suara-suara nois (berisik) yang di timbul dari sisi-sisi seperti Head dan Blok sebelah kiri ini tidak salah lagi itu pasti disebabkan oleh rantai sentrik yang sudah mulur atau kendur, sehingga menimbulkan suara yang kurang tenang pada mesin, dan bukan hanya sura rantai sentrik saja bisa juga suara yang lainnya, akan tetapi yang sering terjadi kebanyakan suara rantai sentrik.
Mengatasinya ialah lakukan pergantian pada rantai sentrik tersebut dan juga lakukan pengecekan pada komponen-komponen yang lain, agar terhindar dari suara nois (berisik).

Pada dasarnya semua penyakit motor sama, akan tetapi hal yang sering terjadi, mana yang akan terlebih dahulu mengalami masalah atau trouble itu berbeda-beda, semua itu tergantung pada perwatan dan pemakian dari masing-masing Brosis semua, semoga info dan tips yang diberikan ini bermanfaat, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments