Cara Jitu Mengatasi Oli Mesin Motor yang Berkurang, "Knalpot Ngebul" Apa Penyebabnya?

Hello Bro n Sis, masih ke bingungan dengan semburan asap putih yang keluar dari motor saat di kendarai ?. Tentunya Bro n Sis bertanya-tanya, mengapa dan apa penyebab asap putih itu bisa keluar deras dari knalpot sampai-sampai mengalahkan asap putih pembasmi nyamuk malaria.__heee.




Ok Bro n Sis, Sekilas Otomotif akan mengupas tuntas, tentang Cara Jitu Mengatasi Oli Mesin Motor yang Berkurang, "Knalpot Ngebul" Apa Penyebabnya?

Sedikit penjelasan tentang keluarnya asap putih pada Motor 4 Tak ( 4 Stroke), ini merupakan indikasi terbarkarnya Oli mesin di Ruang Bakar, akan tetapi di dalam Ruang Bakar, khususnya pada Motor 4 tak ini ada beberapa komponen yang dapat menahan dan mencegah Oli untuk memasuki  ruang bakar, tepatnya komponen itu berada dan terdapat di Blok Silinder dan Silinder Head. dan bila Oli mesin masuk ke ruang bakar, kemungkinan besar ada komponen yang mengalami kerusakan, secara otomatis Oli akan terbakar dan knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Mengatasi Oli Mesin yang Berkurang dan Motor Ngebul/Ngasep Putih Sebagai Berikut :

 

Oli Mesin yang berkurang, ini biasanya ada dua penyebab kerusakan yang terjadi,  yaitu ada sebagian atau salah satu dari komponen mesin baik dari sisi luar  maupun sisi dalam , yang mengalami kerusakan.seperti di bawah ini :

1.Kerusakan pada Seal, Gasket (Perpak), Oring, :

Kerusakan terjadi yang di akibatkan oleh Seal,Packing,serta Oring, ini merupakan kerusakan yang terjadi pada sisi luar mesin, namun ini dapat memicu berkurangnya Oli Mesin.
 
Seal Engkol Mengalami Kerusakan
Seal Engkol Mengalami Kerusakan

Packing yang Mengalami Kerusakan
Packing yang Mengalami Kerusakan

Oring Tutup Magnet Rusak
Oring Tutup Magnet Rusak

Gambar Seal,Packing dan Oring yang mengalami kerusakan seperti di atas, merupakan hal sepele, namun bisa mengakibatkan Oli yang ada di dalam Mesin Motor berkurang sedikit demi sedikit, sehingga dapat mengganggu kinerja mesin yang mengalami kekurang Oli, seperti Mesin cepat panas, pelumasan Oli pada Mesin tak optimal, dan lain sebagainya.

Catatan : Untuk menanganinya segeralah lakukan pergantian dari Seal,Packing,Oring tersebut, sebelum terlambat dan juga sebelum Oli berkurang lebih banyak lagi.

 2. Kerusakan pada Komponen Mesin

Kerusakan yang terjadi pada komponen mesin dan yang berhubungan dengan sistem Ruang Bakar, tentunya kental sekali dengan penyakit motor 4 Tak (4 Stroke) seperti terbakarnya oli mesin di dalam ruang bakar, yang di akibatkan oleh beberapa atau salah satu kompnen mengalami kegagalan/kerusakan, seperti cotoh gambar dibawah ini :

Piston mengalami kerusakan baret
Piston


Blok Silinder Baret
Blok Silinder

Gamabar di atas merupakan Piston dan Blok Silinder yang mengalami kerusakan (baret), ini merupakan kegagalan perawatan pada mesin motor, sehingga sistem pelumasan (oli) yang berkurang dan merusak komponen mesin sendiri, karena-nya terbakarlah Oli di dalam ruang bakar serta terus berangsur berkurang sehingganya knalpot mengeluarkan asap putih yang begitu banyak.



Seal Klep yang mengalami kerusakan
Seal Klep

Klep ( Valve ) Motor
Klep ( Valve )

Untuk gambar Seal klep yang mengalami kerusakan dan Batang klep yang mengalami kerusukan (baret) juga, ini dapat memicu dan menimbulkan rembesan Oli dalam ruang bakar sehingga Oli terbakar dan knalpot mengeluarkan asap (ngebul) dan penyakit seperti ini juga dapat mengakibatkan Oli berkurang.


Catatan :  Untuk mengatasi kerusakan pada komponen mesin yang terjadi sepeti gambar piston,blok silinder bisa di lakukan pergantian Piston Set dengan ring. Apa bila bisa di oversize untuk Blok silindrnya lakukan lemer (corter) Blok silindernya dan untuk pergantian piston di sesuaikan dengan ukuran lemer (corter)-nya. Dan juga lakukan pergantian pada Seal Klep yang rusak dan jangan lupa juga lakukan pergantian pada Klep, apa bila Batang klep mengalami kerusakan atau baret. Serta gunakan selalu Suku Cadang yang Asli.

Sekian dulu ya Bro, semoga dengan adanya artikel ini Bro n Sis dapat mengerti dan bermanfaat untuk semuanya, serta jangan lupa jaga selalu perwatan sepeda motornya ok, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments