Cara Mengecat Motor Dengan Teknik Yang Baik dan Benar

Untuk mengecat Motor pada umumnya tidaklah rumit dan sulit, intinya Sobat sendiri harus memiliki tingkat kesabaran dan keuletan yang tinggi, karena ada beberapa teknik yang harus di kuasi dan di mengerti, apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.



Hasil Cat Warna Merah Maroon Joss
Hasil Cat Warna Merah Maroon Joss

Oke Sobat - Sekilas Otomotif akan menguaraikan tentang Cara Mengecat Motor Dengan Teknik Yang Baik dan Benar , untuk teknik mengecat Motor yang benar dan mendapatkan hasil yang memuaskan selengkapnya sebagai berikut :

Teknik Pengecetan Motor yang wajib di ketahui : 

 

Agar mempermudah dalam pengecetan, tentunya yang mesti di siapkan adalah bahan baku dan alat-alat pendukung yang nantinya akan di pergunakan, sehingga dari tahap awal sampai dengan ke finising, pekerjaan terealisasi dengan mudah, bahan baku dan alat yang perlu di persiapakan ialah :

Bahan Baku : 

  • Amples 
  • Dempul
  • Epoxy
  • Tinner
  • Cat
  • Clear Coat 
  • Kompon / Kit

Alat-alat yang di gunakan :

  • Kompresor Angin
  • Selangan Angin
  • Sped Cat

Setelah bahan baku dan alat-alat yang di butuhkan terkumpul, baruhlah kita memasuki tahap awal dan memulainya dengan berurutan sesuai dengan yang di anjurkan di bawah ini.

1. Langkah Pertama :


Pada langkah pertama ini, memulainya dengan melakukan pengamplasan terlebih dahulu, sebelum melakukan penyeprotan langkah awal yang wajib di lakukan ialah tahap pengaplasan, untuk tahap pengamplasan ini, gunakanlah amplas yang sesuai agar permukaan yang akan di Cat menjadi halus, dan biasanya untuk pengalasan bodi yang berbahan plastik cukup dengan ukuran amplas 400 saja, apa bila berbahan besi atau kaleng gunakan amples denga ukuran 200.


Mengamplas Bodi Motor
Mengamplas Bodi Motor

 

 2. Langkah Kedua :


Setelah pengampalasan selesai, barulah ketahap penyemprotan Epoxy, Untuk menggunakan Epoxy ini harus di campur dengan Tinner, yang camapuarannya di sesuaikan, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental, sedang-sedang saja, Epoxy berfungsi untuk menutupi pori-pori, agar permukaan yanga kan di Cat, semakin halus dan merata.


Penyeprotan Epoxy
Penyeprotan Epoxy

biasanya setelah penyeprotan epoxy merata dan kering, ada saja pori-pori yang tidak tertutup, karena permukaan kurang rata, akibat lecet yang dalam atau bekas goresan yang dalam terhadap permukaan bodi, sejata pamungkasnya ialah, kita menutup kempali pori-pori dengan Dempul.


Hasil Bodi Motor yang di Dempul
Hasil Bodi Motor yang di Dempul

Setelah didempul, dan mengering lakukukan pengamplasan kembali hingga halus dan merata, setelah itu, semprotkan Epoxy kembali sampai merat dan dempul tertutup kembali oleh Epoxy.


Penyemprotan Epoxy
Penyemprotan Epoxy

Setelah penyemprotan Epoxy kedua ini selesai dan mendapatkan hasil permukaan yang akan di Cat halus dan merata tanpa adanya pori-pori, panaskan hasil semprotannya hingga kering, usahakan sampai benar-benar mengering. atau bisa kita tunggu hingga satu hari s/d sampai besok baru kita lanjut kelangkah berikutnya.

3. Langakah Ketiga :


Langkah ketiga ialah langkah diamana kita melanjutkan ke penyemprotan dasar Cat, dan sebelum menyemprokan Cat, Cat juga harus ada campuran Tinnernya, dan campuran Tinner-nya di sesuaikan, tidak terlalu encer, dan juga tidak terlalu kental, sedang-sedang saja.



Penyemprotan Dasar Cat
Penyemprotan Dasar Cat

 

4. Langkah Keempat :


Setelah Cat dasar mengering, bisa melangsungkan ke penyemprotan Clear, untuk Clear ada dua campuran, Obat Clearny dan Tinner, untuk ukuran campurannya samaja di sesuaikan, tidak kental dan tidak encer. Setelah Clear di semprotkan usahakan di keringkan semaksimal mungkin, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.


Spakboard Hasil Finising Cat
Spakboard Hasil Finising Cat

Catatan : Untuk pemilihan Jenis/Merk Bahan Baku seperti, Cat, Clear, Tinner, Dempul semua tergantung dari Sobat semua yang memilih, dan di sesuaikan dengan Koceknya, heheheeee.

5. Langkah Kelima :

 

Langkah kelima merupakan langkah terakhir, yaitu tahap mengompon (memoles), sebenear memoles tidak perlu dilakukan kalu hasil Cat-tan terhidar dari debu dan bersih, memoles sebenernya hanya menghilangkan sisaan debu yang menempel, apa bila tidak ada, tidak perlu di poles.

Ok Sobat, untuk teknik dasar mengecet Motor sampai disini dulu ya, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments