Cara Mengganti Kanvas (Prodo) Kopling Yamaha Vixion, Ide' Jitu Mengembalikan Akselerasi

Mengenai performa dan akselerasi sepeda motor,  faktor pendukung utama pada mesin sepeda motor ialah Kanvas (Prodo) Kopling. Kanvas kopling pada dasarnya di miliki oleh setiap kendaraan yang memiliki transmisi manual, dan fungsi dari kopling sendiri ialah sebagai penyambung dan pemutus putaran mesin, sehingga saat sepeda motor di masukan gigi putaran mesin terputus halus oleh kopling dan terhubung kembali dengan halus karna kerja kopling tersebut, dan secera spesifik sifat kerja kopling ialah sebagai pemindah daya (Power Train).
Kampas Assy Yamaha Vixion
Kampas Assy Yamaha Vixion

Langsung saja Mas Bro, di sini Sekilas Otomotif akan mengupas tuntas tentang Cara Mengganti Kanvas (Prodo) Kopling Yamaha Vixion, Ide' Jitu Mengembalikan Akselerasi - Selengkapnya Sbb :


Perlu di ketahui mengenai penyebab mengapa kanvas (prodo) kopling perlu di ganti, biasanya indikasi yang sering terjadi pada sepeda motor ialah akselerasi sepeda motor  mengalami penurunan atau melemah serta sering mengalami slip,  ini merupakan indikasi yang sangat jelas, bila kanvas (prodo) kopling wajib di ganti, untuk pergantian secara berkala sebenarnya ada, yaitu dikisaran 20000 Km pemakian, diatas 20ribu Km pemakian untuk kinerja Kanvas (Prodo) Kopling sendiri sudah tidak optimal.

Berikut ini langkah yang harus di perhatikan dalam mengganti Kanvas (Prodo) Kopling Yamaha Vixion : 

 

1. Langkah Awal :

Siapkan kunci ring/shok 19, kunci T8, serta kunci T10, setelah tiga kunci utama terkumpul, langkah awal sebelum membuka Bak Kopling, lakukanlah pengetapan atau kuras oli mesin terlabih dahulu.


Kuras Oli mesin Yamaha Vixion
Kuras Oli mesin Yamaha Vixion

2. Langkah Kedua : 

Setelah oli kering dan selesai hingga tetes terakhir, barulah kita lanjutkan dengan membuka Bag Kopling, ada beberapa item yang mesti di perhatikan dalam membuka Bak Kopling ini yaitu buka Mur pengikat engkol dengan kunci ring/shok 19, setelah terbuka, buka breaket yang menempel di sasi, dengan kunci ring 12, setelah itu semua terlepas, baru lah kita lanjut dengan membuka baut Bak Kopling dengan konci T8.


Bak Kopling Yamaha Vixion
Bak Kopling Yamaha Vixion

3. Langkah Ketiga :

Dilangkah ketiga ini, barulah kita memasuki ke bagian susunan Kopling Yamaha Vixion yang sesungguhnya, dan di bagian rumah Kopling terdapat emapat baut pengikat yang bisa di buka dengan kunci T10, setelah empat baut  tadi terbuka, lakukan pembongkaran dari susan Kanvas (Prodo) Kopling tersebut satu persatu.


Kopling Set Yamaha Vixion
Kopling Set Yamaha Vixion

Pembongkaran  Susuna Kanvas Kopling Vixion
Pembongkaran  Susuna Kanvas Kopling Vixion

Kanvas (Prodo) Kopling
Kanvas (Prodo) Kopling

4. Langkah Keempat :
Setelah susunan Kanvas (Prodo) Kopling tersebut terlepas, langkah terakhir ialah menyiapkan Kanvas (Prodo) Kopling yang baru, sebelum di susun ke dalam rumah Kopling, di anjurkan untuk Kanvas (Prodo) Kopling yang baru, lakukan perendaman dengan Oli, agar sebelum terpasang atau tersusun Kanvas (Prodo) Kopling yang baru ini terlumasi oleh Oli.


Perendaman Kanvas Kopling baru dengan Oli
Perendaman Kanvas Kopling baru dengan Oli

Dan seteleh cukup terlumasi oli, kemudian susun kembali Kanvas Kopling yang baru dan lakukan pemasangan/penyetelan kembali dengan baik dan benar serta sesuai dengan urutannya..

catatan :  Gunakanlah selalu Spare part atau suku cadang asli.
 
Kanvas (Prodo) Kopling Yamaha Vixion
Kanvas (Prodo) Kopling Yamaha Vixion


Dan harga Kanvas (Prodo) Kopling asli Yanaha Gunie Part masih sangat terjangkau yaitu kisaran Rp 205000 satu set ( 5 buah).

Oke Mas Bro, sampai di sini dulu ya, semoga akselari Yamaha Vixion Mas Bro semua tetap josss, dan terima kasih atas kunjunganya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments