Cara Menyetel Klep (Valve) "Suzuki Satri Fu 150 DOHC"

Berbicara mengenai bebek super kencang di tanah air, tentunya Suzuki Satria Fu 150 Cc ini yang pantas di sebut bebek kencang, bebek lahiran Suzuki ini memiliki spesifikai yang sangat mumpuni, yaitu memiliki Double Overhead Camshaft (DOHC) yang artinya memiliki Cam Ganda Sob, 4-Klep (Valve), dan kapasitas Silinder 147,3 Cc, setelah mengetahui spesifikasi bebek Suzuki ini tentunya sangat menggiurkan kan Sob.


Setelah membaca uraian dari spesifikasi Suzuki Satria Fu 150 di atas, tentunya sangat beda dengan motor-motor bebek biasanya, yang biasanya hanya Single Cam namun pada Satri Fu ini memiliki Double Cam, Nah Sob tentunya akan menguras pikiran jika kita akan melakukan penyetelan Klep (Valve), karena secara Teknis memiliki Double Cam, tentunya beda dengan motor bebek yang lain.

Enggine Suzuki Satria Fu 150

Langsung saja Sob, Sekilas Otomotif akan mengupas tuntas tentang Cara Menyetel Klep (Valve)  "Suzuki Satri Fu 150 DOHC" :

Cara dan Urutan yang tepat dalam penyetelan Klep (Valve) Satria Fu :


1. Buka tutup Silinder Head

Silinder Head Suzuki Satri Fu 150
Silinder Head Suzuki Satri Fu 150
Untuk membuka tutup silinder head pertama yang harus di lakukan ialah membuka 4 buah baut L, dengan kunci L6. setelah terlepas dan terangkat, barulah ke langkah berikutnya.

2. Mengetopkan Magnet ke Tanda Top


Mencari Top Magnet Suzuki Satria Fu 150
Mencari Top Magnet Suzuki Satria Fu 150
Untuk mendapatkan top yang tepat, posisikan tanda {T} di Magnet sejajar dengan tanda Top, ini baru bisa mendapatkan tanda Top yang benar.

3. Memulai penyetelan

Setelah langkah di atas terpenuhi atau sudah kita lakukan, barulah kita memulai ke tahap penyetelan, yaitu siapkan fuller untuk pengukuran celah Klep(Valve), dan untuk celah/ukuran Klep(Valve) Satria Fu ini, sebenarnya sudah memiliki Standart celah/ukuran tersendiri yaitu :
  • Klep (Valve) - In (masuk)    : 0,10 mm s/d 0,20 mm
  • Klep (Valve) - Out (keluar)  : 0,20 mm s/d 0,30 mm


Setel Klep dengan Fuller Suzuki Satria Fu 150
Setel Klep dengan Fuller Suzuki Satria Fu 150

Catatan : Bila tidak mendaptakan kesesuain ukuran, maka Sobat bisa membuka Cam-nya serta melepas rumah Shim/Tappet, karena yang mempengaruh Celah Klep (Valve) Suzuki Satria Fu 150 ialah Shim itu sendiri sehingga dapat mengecek angka yang tercetak pada Shim tersebut.

Karena makin tebal Shim, celah/ukuran Klep (Valve) makin rapat, karena untuk ukuran Shim yang sesuai ialah: 1.20 mm s/d 2.20 mm dengan Interval 0,05 mm. Sobat bisa perhatikan gambar tabel ketebalan dan ketipisan Shim  di bawah ini :






Dan sebaliknya apa bila ingin mendapatkan Shim yang tipis dan itu tidak dapat Sobat jumpai, seperti tidak ada jualan Shim tipis di toko-toko terdekat, Sobat semua bisa mengaplas Shim tersebut, untuk mendapatkan dan menyesuaikan ukuran celah Klep (valve) yang di inginkan, tetapi harus hati-hati ya Sob.

Oke Sobat sampai disini dulu ya, semoga bermanfa'at dan terima kasih atas kunjunganya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments