Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima

Berbicara soal mobil yang bermesin Diesel, tak heran jika mobil bermesin Diesel ini masih banyak di gemari, baik dari kalangan menengah ke bawah, maupun menengah ke atas, selain memiliki mesin yang bertenaga besar dan juga handal, yang lebih menariknya lagi ialah sangat hemat dalam pemakian bahan bakar. Walaupun memiliki kretria Mesin yang handal, mobil yang bermesin Diesel juga perlu perwatan khusus, seperti halnya perwatan rutin, service berkala dll.


Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima
Gambar. Mesin Mobil Diesel


Perawatan apa saja-kah yang perlu di perhatikan dalam merawat mesin diesel, Admin Sekilas Otomif akan mengulas tuntas tentang Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima - ada beberapa poin yang perlu di perhatikan dalam menjaga performa "Mobil Bermesin Diesel", selengkapnya sebagai berrikut :

Proses Pengecekan Oli dan Air Radiator :


Proses pengecekan level Oli berkurang atau tidak levelnya , serta cek kualitas Oli-nya. Oli yang ada pada mesin sebelum mobil di hidupkan atau hendak berpergian menggunakan mobil hal ini memang sepele namun bila Oli mesin levelnya berkurang, ini akan menjadi masalah yang serius terhadap mesin Diesel, maka dari itu wajib lakukan pengecekan secara berkala, sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan pada mesin Diesel. Dan juga sama halnya dengan Air Radiator, level Air Radiator wajib juga di lakukan pengecekan, bila berkurang segaralah lakukan penamabahan sesuai ukuaran dan takarannya.


Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima
Gambar. Mengecek Oli Mesin

Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima
Gambar. Mengecek Air Radiator

Proses Pemanasan Mesin :


Pemanasan mesin sebelum mobil berjalan di pagi hari itu perlu dan wajib di lakukan, karena untuk menjaga Komponen yang belum sepenuhnya terlumasi Oli, jadi lebaih baik lakukan pemansan terhadap mesin sebelum kita branjak menjalankan mobil tersebut. Dan selain untuk menyempurnakan pelumasna Oli ke seluruh Komponen mesin, pemansan pada mesin juga berfungsi untuk menyetabilkan suhu mesin yang tadinya dingin menjadi stabil.


Cara Merawat Mobil "Mesin Diesel" Agar Performa Tetap Prima
Gambar. Perlunya Pemanasan Awal Mesin Diesel

Penggunaan Solar :


Gunakan selalu Solar yang berkualitas, selain memicu kelancaran pemabakaran pada mesin Diesel, menggukan Solar yang berkualitas dapat meningkatkan Akselerasi yang bagus. Terutama mobil Diesel yang mengusung teknolgi Common Rail Direct Injection, untuk pemakian Solar harus di perhatikan karena bila tidak menggunkan Solar yang berkualitas atau Solar yang memiliki kadar Sulpur tinggi ini dapat menyebabkan mesin Diesel tersendat-dendat, dan bisa juga mati mendadak sacara tiba-tiba. Jadi mulailah perhatikan dalam pemakian Solar.

Gambar. Gunakan Solar yang Berkualitas

Lakukan Service Berkala :


Service berkala pada umumnya memang wajib di lakukan pada setiap mesin baik mesin mobil biasa atau Diesel, karena pada saat service tentunya kita akan mengetahui estimasi yang akan di lakukan dalam pengecekan komponen yang wajib di ganti secara berkala dan sesuai SOP-nya, contoh sederhan :

  • Penggantian Oli secara berkala
  • Penggantian Filter Oli secara berkala
  • Penggantian Filter Udara
  • Penggantian Filter Solar

Nah komponen di atas merupakan komponen  yang wajib di lakukan penggantian berkala, sesuai dengan pengecekan atau estimasi Service berkala.

Gambar. Melakuan Service Berkala

Setelah poin-poin di atas di lakukan setiap saat dan rajin melakukan service berkala, secara otomatif mesin Diesel yang di miliki akan tetap terjaga peformanya dan umur pakai mobil jadi semakin awet serta tahan lama. Sampai di sini dulu ya urain mengenai cara merawat mobil bermesin Diesel, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments